UMMULMUKMININ – Madrasah Tsanawiyah & Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Penyusunan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) bersama para guru-guru.

Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dan sesuai standar kesehatan di Kelas MAS Ummul Mukminin, Sabtu (14/11/2020).

Dalam Bimtek ini dihadiri langsung oleh para pengawas Kementerian Agama Makassar sekaligus membawakan materi diantaranya sosialisasi kebijakan pokjawas kemenag kota makassar oleh Bapak Drs.Hasan Ambo, MM, Desain Pembelajaran oleh Bapak Sahid, S.Ag.

Juga ada pula materi RPP 1 Lembar dan Penentuan KKM oleh bapak Saharuddin, M.Pd.I, hingga Pembuatan Lembar Capaian Kinerja Harian (LCKH) oleh ibu Dra. Hj. Hirawati, MM.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah pegangan seorang guru dalam mengajar di dalam kelas yang diatur dalam juknis yang ada.

Persoalannya adalah bagaimana guru mampu mengelola kelas dengan menggunakan RPP itu, bisa lebih maksimal. Meskipun menggunakan RPP satu lembar itu, tetapi mampu menyampaikan atau mengembangkan ilmunya kepada siswa.

“Kami berharap dengan bimtek ini, para guru tidak lagi mengeluh, akan tetapi mari bersama-sama belajar dan melakukan perubahan ke arah lebih baik,” harap Kamad MTs Ummul Mukminin Isriani Djamaluddin, S.Ag saat penutupan bimtek.

“Ilmu yang didapatkan hari ini bisa direalisasikan dilapangan demi pengembangan kita semua bersama,” harap pula Kamad MA Ummul Mukminin, Ustad Drs. Mustari S, M.Pd.I.

Diakhir sesi kegiatan ada penyerahan hadiah bagi kelompok terbaik, kelompok terheboh, kelompok tercepat, kelompok terkompak dan kelompok paling menghibur.

Diketahui pula bahwa kegiatan ini bagian dari persiapan menuju supervisi manejerial yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2020 mendatang.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dan berkah bagi kita semua.