Optimis Juara, MA Ummul Mukminin Ikut Kompetisi Sains Madrasah

UMMULMUKMININ – Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulsel turut meramaikan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Satuan Pendidikan yang berlangsung 24 Mei – 07 Juni 2023 mendatang.

Hal ini terlihat saat menggelar pembukaan dan penguataan di kelas MA Ummul Mukminin, Kamis (25/5/2023).

Kegiatan ini dalam rangka pengembangan dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan mutu dan daya saing madrasah terutama dalam bidang sains.

Yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melalui Direkrorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2023 dari jenjang MI/SD, MTs/SMP dan MA/MAK/SMA.

KSM Tingkat Satuan Pendidikan tanggal 24 Mei s.d 07 Juni 2023, KSM Tingkat Kab./Kota tanggal 01 s.d 03 Juli 2023, KSM Tingkat Provinsi tanggal 05 s.d. 06 Agustus 2023 dan KSM Tingkat Nasional tanggal 03 s.d 07 September 2023.

Dengan demikian, sebanyak 73 santriwati MA ikut kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) mulai cabang lomba mata pelajaran Geografi 14 orang, Matematika 15 orang, Kimia 13 orang, Ekonomi 10 orang, Biologi 17 orang, dan Fisika 4 orang.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh kementerian agama sebagai wahana membangun ghirah kompetisi sains kalangan siswa madrasah.

Integrasi sains dan konteks nilai-nilai Islam dan KSM meliputi : soal soal sains dalam KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al-qur’an , soal-soal sains dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam, soal keilmuan sains murni ini dilaksanakan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di luar madrasah.

Tujuan dilaksanakan ini menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains dan memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, spritual berdasarkan nilai-nilai agama.

“Semoga ananda sukses semua, insyallah juara,” tutur Kepala Madrasah Aliyah.