Ramadhan 1445 H, Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Kembali Gelar Daurah Tahfidz Al-Quran Angkatan Ke-3

Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin ‘Aisyiyah Wilayah Sulawesi Selatan kembali menggelar kegiatan daurah tahfidz al-qur’an di bulan ramadan 1445 H.

Kegiatan yang sudah angkatan ke-3 ini berlangsung di Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin, Jl. KH. Abd. Jabbar Asyiri, Sudiang Makassar, Mulai 14 – 30 Maret 2024 mendatang.

Ketua Panitia Daurah Tahfidz Al-Qur’an Angkatan ketiga Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin, Irmayani, SS.,M.Pd mengatakan bahwa sebanyak 104 santriwati mengikuti kegiatan daurah Tahfidz angkatan ketiga ini.

“Alhamdulillah ada peningkatan peserta tiap tahun yang mana daurah angkatan pertama 35 orang, angkatan kedua 74 orang, dan angkatan ketiga ini 104 orang santriwati,” katanya.

“Santriwati yang ikut ini terdiri dari empat satuan pendidikan mulai SMP, MTS, SMA dan MA,” tambahnya.

Menurut Irmayani bahwa seluruh peserta daurah al-Qur’an ini akan dibina/bimbing oleh muhafidzah yang berkompeten.

“Tenaga muhafizah yang akan menerima setoran hafalan ananda Alhamdulillah semuanya sudah menyelesaikan hafalan 30 Juz yang dibuktikan dengan sertifikat ketuntasan hafalan,” tambahnya.

Lanjut, Alumnus Sastra Asia Barat Unhas ini menambahkan bahwa tujuan dilaksanakan program ini yaitu untuk menyiapkan kader Hafidzah.

Dan juga meningkatkan motivasi santriwati untuk cinta dengan Qur’an dan sebagai ruang santriwati bisa mencapai hafalan hingga 30 Juz mendatang.

“Sehingga kita berharap para peserta diminta untuk sungguh-sungguh,” harapnya.

Terpisah disampaikan, Direktur Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin Dra. Masriwaty Malik, M.Th.I menyampaikan apresiasi kegiatan daurah tahfidz ini bisa kembali terlaksana.

“Terimakasih kepada seluruh pihak, utamanya bagi orangtua santriwati yang memasukkan anaknya untuk ikut program daurah ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini tentu dalam rangka menyiapkan kader hafidzah yang berakhlak mulia dan cinta Al-qur’an.

“Ananda santriwati yang ikut daurah ini kalau dimaksimalkan dengan baik lalu ditularkan ke santriwati lainnya, insyallah sudah menjadi cahaya dan tauladan bagi ummul mukminin,” tuturnya.

Dengan demikian, Ia berharap pula bahwa selama ramadhan kegiatan di pondok ini dimanfaatkan dengan baik.

Diketahui dalam pembukaan daurah tahfidz ini hadir Ketua Badan Pembina Ummul Mukminin, Para Pimpinan, Guru, Karyawan hingga Orangtua Santriwati Pondok Pesantren Puteri Ummul Mukminin.

Kegiatan pembukaan ini dirangkaikan pula dengan pengajian oleh Kyai Pondok Drs. KH. Jalaluddin Sanusi.